Home » Wisdom » Siapakah Wahabis?

Siapakah Wahabis?

Bersatunya Sunni dan Syiah

Menyikapi gerakan Salafi/Wahabi akhir-akhir ini di Indonesia, ada sejumlah pertanyaan dari sejumlah masyarakat dan orang awam. Siapakah kelompok Salafi/Wahabi itu? Dan kenapa mereka begitu gencar menuduh sesat dan kafir kaum muslim Syiah, kaum muslim Sufi, dan yang tidak seideologi dengan mereka? Jawabannya adalah mereka (Salafi /Wahabi) itu merupakan pewaris ideologi dinasti Bani Umayyah (Ideologi Sufyani dan Muawwiyah), yang dulu berpusat di Palestina. Sedangkan para habib serta sufi berasal dari kelompok anti-Bani Umayyah, yang berpusat di Kufah.

Di kota Kufah itulah para shahabat Nabi SAW berkumpul, termasuk di antaranya adalah para keturunan khalifah Ali Bin Abi Thalib KW. Bersama-sama dengan beberapa kelompok lain, para habib dan sufi inilah yang menilai dinasti Bani Umayyah berdiri dengan cara-cara batil dan makar, karena memang dinasti ini berdiri di atas “hasil pemberontakan terhadap Khalifah Ali Bin Abi Thalib KW”.

Maka tidak heran kalau banyak sahabat Nabi SAW yang tidak mau tunduk pada dinasti Bani Umayyah ini. Singkatnya, Syiah, habaib, sufi, dan Sunni yang benar (para sahabat Nabi SAW), semua berdiri di sisi Ali dan keluarganya (Ahlul Bayt), sedangkan Salafi/Wahabi berada di sisi Bani Umayyah. Inilah kenapa Salafi/Wahabi selalu membenci Syiah, sufi, habaib dan lain sebagainya.

Namun ada pertanyaan lain: Lalu bagaimana dengan sekelompok orang yang mengakui diri mereka Sunni, tapi membenci Syiah? Jawabannya adalah: Kalau yang menjadi wakil dari Syiah adalah Syiah yang mencerca para shahabat, dan kalau yang menjadi wakil dari Sunni adalah Wahabi yang memihak pada Bani Umayyah (ideologi Sufyani dan Muawwiyah) dan membenci keluarga Ali Bin Abi Thalib KW, maka memang antara mereka tidak akur. Isu Syiah itu sendiri memang dimunculkan demi menghantam dan melemahkan orang-orang yang ada di sekeliling Ali Bin Abi Thalib KW, yang contohnya dimunculkan oleh orang-orang Salafi / Wahabi yang disokong rezim Saud Saudi Arabia. (*)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: